1. Visual
Hal yang menjadi pertimbangan tidak hanya terbatas makna
dari objek, tetapi penempatan dan sudut pandang (segi artistik) pun
menghasilkan pemaknaan tersendiri. Pada kasus iklan cetak Indomie versi semua
orang punya cerita Indomienya, apa ceritamu ini visual yang terkait tema iklan
yaitu;
a. Mangkok
disini terkait hubungannya sebagai hal
yang mewakilkan sebuah wadah, selain itu juga mewakili wadah penampung cerita
Indomie dari semua pengirim cerita yang nantinya cerita asli kiriman konsumen
tersebut akan dipilih untuk dijadikan
iklan Indomie selanjutnya.
b. Dua buah
pensil. Gambar dua buah pensil disini menyimbolkan sebuah sumpit, dimana sumpit
yang lazimnya dipakai untuk menikmati mie. Seperti bagaimana sumpit merupakan
sebuah alat, dua buah pensil juga menggambarkan alat yang mewakili cara
konsumen dalam menulis kisah mengenai pengalamannya bersama Indomie, baik saat
mereka menikmati Indomie atau membuat Indomie. Cerita itu yang kemudian
dikirimkan ke alamat yang sudah di tentukan atau pun by-email denga tulisan
cerita sendiri.
c. Garis
lengkung dalam iklan cetak Indomie ini memiliki satu warna yaitu warna oranye.
Warna oranye dalam psikologis warna diartikan sebagai energi, keseimbangan, dan
kehangatan. Garis ini merupakan
rangkaian masa yang terbentuk dari tumpukan garis berlekuk yang mewakili bentuk
dari mie dari Indomie. . Imbuhan gambar tumpukan garis lengkung yang menyerupai
mie diletakan di pojok kanan bawah, sebagai aksen grafis dari Indomie agar layout
tampak lebih seimbang. Interpretasi pada tumpukan garis lengkung menyimbolkan
mie dari Indomie dan sebagai penanda kesatuan layout merupakan iklan cetak dari
Indomie.
2. Tipografi
Secara
garis besar tipografi berguna untuk mengatur tulisan, mengatur tata ruang dan
membantu pembaca untuk menerima pesan secara maksimal.
Jenis font juga dapat mewakilkan citra dari produk, misalnya
untuk produk-produk yang ekslusif dan mahal biasanya memilih jenis font yang
lebih simpel dan terkesan elegan. Tipografi pada headline yang terdapat di
dalam iklan cetak Indomie adalah tipografi yang menggunakan jenis huruf sans
serif atau huruf tanpa kait. Sans serif merupakan simbolisasi modern,
kontemporer dan efisien. huruf tanpa kait pada headline iklan cetak Indomie ini
menggunakan warna hitam dan dengan jenis huruf uppercase yang menggunakan stroke tebal untuk agar menekankan inti dari
penyampaian pesan yaitu mengenai tema pesan iklan “Semua Orang Punya Cerita Indomienya, Apa
Ceritamu?” dan guna memperbesar keterbacaan headline.
Pada iklan cetak Indomie ini, teks headline berukuran lebih
besar dan ditempatkan paling atas, ditujukan untuk memperjelas pesan yang
berupa ajakan. Teks “semua orang punya cerita Indomienya, apa ceitamu?”
merupakan inti pesan ditampilkan dengan singkat dan padat, kemudian sub
headline ditempatkan dibawah headline dengan ukuran font yang lebih kecil,
dikarenakan memuat info yang lebih banyak terkait penjelasan tentang headline.
Intepretasi yang hadir dalam headline adalah Indomie
mengeluarkan kampanye nya yang bertema “Semua Orang Punya Cerita Indomienya,
Apa Ceritamu?”. Dengan kampanye sharing pengalaman cerita ini, Indomie ingin
memiliki pengalaman emosional dengan para konsumennya, Sisi emosional dan
keakraban antara konsumen dan Indomie divisualisasikan dalam kumpulan tulisan
di dalam mangkok yang menggunakan jenis huruf script, serangkaian ilustrasi
tulisan yang memakai jenis huruf script menimbulkan sifat pribadi dan akrab.
3. Warna
Warna putih dalam elemen mangkok melambangkan Indomie sebagai
makanan yang bersih, higienis dan steril. Penggunaan warna merah dalam pensil
mewakili kehangatan dan cinta, warna merah bisa diartikan sebagai cinta seperti
yang dijelaskan dalam psikologis warna. Warna merah mewakili cinta yang terukir
dalam setiap penulisan pengalaman yang terjadi saat membuat atau menyantap
Indomie, serupa dengan Indomie yang selalu berusaha untuk memberikan produk
berkualitas untuk selalu dicintai oleh konsumennya.
Warna oranye pada garis lengkung dan tulisan dalam mangkok
dalam iklan cetak Indomie ini diartikan sebagai energi, keseimbangan, dan
kehangatan. Warna hitam pada tipografi diartikan sebagai kekuatan yang mewakili
inti kampanye iklan. Sedangkan warna biru pada logo Indofood diartikan sebagai
kepercayaan dan keamanan, mengaitkan antara perusahaan sebagai produsen makanan
yang aman dan dapat dipercaya kualitasnya sebagai salah satu kebutuhan khalayak
akan makanan yang berkualitas dan bergizi tinggi. Warna biru tua pada kata
lambang makanan bermutu diartikan kooperatif dan integratif di dalam aspek
perusahaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar