Senin, 30 Mei 2016

Analisis Visual Iklan Indomie


1.            Visual
Hal yang menjadi pertimbangan tidak hanya terbatas makna dari objek, tetapi penempatan dan sudut pandang (segi artistik) pun menghasilkan pemaknaan tersendiri. Pada kasus iklan cetak Indomie versi semua orang punya cerita Indomienya, apa ceritamu ini visual yang terkait tema iklan yaitu;
a.            Mangkok disini terkait hubungannya  sebagai hal yang mewakilkan sebuah wadah, selain itu juga mewakili wadah penampung cerita Indomie dari semua pengirim cerita yang nantinya cerita asli kiriman konsumen tersebut akan dipilih untuk dijadikan  iklan Indomie selanjutnya.
b.            Dua buah pensil. Gambar dua buah pensil disini menyimbolkan sebuah sumpit, dimana sumpit yang lazimnya dipakai untuk menikmati mie. Seperti bagaimana sumpit merupakan sebuah alat, dua buah pensil juga menggambarkan alat yang mewakili cara konsumen dalam menulis kisah mengenai pengalamannya bersama Indomie, baik saat mereka menikmati Indomie atau membuat Indomie. Cerita itu yang kemudian dikirimkan ke alamat yang sudah di tentukan atau pun by-email denga tulisan cerita sendiri.
c.             Garis lengkung dalam iklan cetak Indomie ini memiliki satu warna yaitu warna oranye. Warna oranye dalam psikologis warna diartikan sebagai energi, keseimbangan, dan kehangatan.  Garis ini merupakan rangkaian masa yang terbentuk dari tumpukan garis berlekuk yang mewakili bentuk dari mie dari Indomie. . Imbuhan gambar tumpukan garis lengkung yang menyerupai mie diletakan di pojok kanan bawah, sebagai aksen grafis dari Indomie agar layout tampak lebih seimbang. Interpretasi pada tumpukan garis lengkung menyimbolkan mie dari Indomie dan sebagai penanda kesatuan layout merupakan iklan cetak dari Indomie.

2.            Tipografi
                Secara garis besar tipografi berguna untuk mengatur tulisan, mengatur tata ruang dan membantu pembaca untuk menerima pesan secara maksimal.
Jenis font juga dapat mewakilkan citra dari produk, misalnya untuk produk-produk yang ekslusif dan mahal biasanya memilih jenis font yang lebih simpel dan terkesan elegan. Tipografi pada headline yang terdapat di dalam iklan cetak Indomie adalah tipografi yang menggunakan jenis huruf sans serif atau huruf tanpa kait. Sans serif merupakan simbolisasi modern, kontemporer dan efisien. huruf tanpa kait pada headline iklan cetak Indomie ini menggunakan warna hitam dan dengan jenis huruf uppercase yang menggunakan  stroke tebal untuk agar menekankan inti dari penyampaian pesan yaitu mengenai tema pesan iklan  “Semua Orang Punya Cerita Indomienya, Apa Ceritamu?” dan guna memperbesar keterbacaan headline.
Pada iklan cetak Indomie ini, teks headline berukuran lebih besar dan ditempatkan paling atas, ditujukan untuk memperjelas pesan yang berupa ajakan. Teks “semua orang punya cerita Indomienya, apa ceitamu?” merupakan inti pesan ditampilkan dengan singkat dan padat, kemudian sub headline ditempatkan dibawah headline dengan ukuran font yang lebih kecil, dikarenakan memuat info yang lebih banyak terkait penjelasan tentang headline.
Intepretasi yang hadir dalam headline adalah Indomie mengeluarkan kampanye nya yang bertema “Semua Orang Punya Cerita Indomienya, Apa Ceritamu?”. Dengan kampanye sharing pengalaman cerita ini, Indomie ingin memiliki pengalaman emosional dengan para konsumennya, Sisi emosional dan keakraban antara konsumen dan Indomie divisualisasikan dalam kumpulan tulisan di dalam mangkok yang menggunakan jenis huruf script, serangkaian ilustrasi tulisan yang memakai jenis huruf script menimbulkan sifat pribadi dan akrab.

3.            Warna
Warna putih dalam elemen mangkok melambangkan Indomie sebagai makanan yang bersih, higienis dan steril. Penggunaan warna merah dalam pensil mewakili kehangatan dan cinta, warna merah bisa diartikan sebagai cinta seperti yang dijelaskan dalam psikologis warna. Warna merah mewakili cinta yang terukir dalam setiap penulisan pengalaman yang terjadi saat membuat atau menyantap Indomie, serupa dengan Indomie yang selalu berusaha untuk memberikan produk berkualitas untuk selalu dicintai oleh konsumennya.

Warna oranye pada garis lengkung dan tulisan dalam mangkok dalam iklan cetak Indomie ini diartikan sebagai energi, keseimbangan, dan kehangatan. Warna hitam pada tipografi diartikan sebagai kekuatan yang mewakili inti kampanye iklan. Sedangkan warna biru pada logo Indofood diartikan sebagai kepercayaan dan keamanan, mengaitkan antara perusahaan sebagai produsen makanan yang aman dan dapat dipercaya kualitasnya sebagai salah satu kebutuhan khalayak akan makanan yang berkualitas dan bergizi tinggi. Warna biru tua pada kata lambang makanan bermutu diartikan kooperatif dan integratif di dalam aspek perusahaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar