Selasa, 31 Mei 2016

Analisis Persepsi Visual Iklan

IKLAN INDOMIE – MIE GORENG CABE IJO
* WARNA
Warna yang digunakan dalam iklan ini lebih dominan berwarna hijau, karena sesuai dengan judul produknya yaitu “mie goreng cabe ijo”. Terdapat pula gambar indomie yang suda siap saji juga berwarna hijau, agar sensasi dari cabe ijo itu sendiri lebih terasa. Dapat disimpulkan juga bahwa dalam gambar tersebut mengandung unsur comparative yang memberi warna hijau pada mie nya agar menggambarkan bahwa itu adalah warna cabe ijo
* FORM
Iklan ini dibentuk dari beberapa bentuk, antara lain suatu titik dan garis bila dipadukan dapat membentuk suatu persegi panjang yang dalam gambar terdapat pada bungkus indomie yanng berbentuk persegi panjang. Dan jika dirangkai dengan baik, suatu titik dan garis bahkan bentuk jika disatukan dapat menjadi sebuah ukiran tulisan “baru” berserta background merah, dan juga tulisan “indofood” dan juga “sensasi sambal ijo”. Terdapat juga bentuk lingkaran yang tergambarkan dari sebuah piring indomie tersebut dan nampan dibawah piring yang berwarna coklat.
* DEPTH
Kedalaman dalam gambar ini adalah dibagian color atau pewarnaannya, memberi kesan hijau untuk memberikan sensasi rasa sambal hijau agar lebih terasa.
* MOVEMENT
Didalam iklan indomie tersebut terdapat graphic movement, karena dalam iklan tersebut kita pasti mengamati hal-hal yang ada dalam gambar tersebut.

IKLAN TEH PUCUK
* WARNA
Warna dalam iklan ini terkandung unsur warna comparative karena dapat dilihat warna backgorund hampir disamakan dengan warna teh, yaitu coklat, merah dan oren. Warna teh yang siap diminum tentu berwarna coklat yang sering kita llihat, sehingga dalam iklan ini disamakan dengan warna apa yang diiklankan, yaiitu minuman tehnya.
* FORM
Dalam iklan ini terdapat beberapa bentuk antara lain circle, pallegram dan triangle, yang dapat diperhatikan didalam bentuk botol teh pucuk tersebut.
* DEPTH
Kedalaman dalam iklan ini adalah dalam memberi warna yang sesuai dengan suasana teh yang bernuansa coklat, dan iklan ini menunjukkan iklan yang sangat simple dan dapat dicerna dengan mudah untuk para pembacanya.
* MOVEMENT
Movement dalam iklan ini memakai jenis gerakan graphic movement yang menuntun kita untuk mencari elemen-elemen grafis yang terdappat dalam iklan tersebut, misalnya elemen daunnya atau hal lain yang terdapat dalam iklan tersebut.

IKLAN BONCABE
* WARNA
Warna yang digunakan dalam iklan ini adalah warna cerah yang mengarah ke merah dan oren. Warna itu disebabkan karena iklan ini adalah iklan cabe yang identik dengan warna merah atau semacamnya. Dalam arti llain iklan ini terdapat unsur warna comparative yang memberikan warna merah pada background karena warna merah atau semacamnya (oren) identik dengan warna cabai yang pedas.
* FORM
Dalam gambar ini terdapat berbagai bentuk yang tentu awalnya bisa terbentuk dari beberapa titik dan garis yang menjadikan beberapa bentuk didalam gambar tersebut, antara lain, bulat, dan persegi yang jelas terlihat pada bungkus boncabe tersebut.
* DEPTH
Kedalaman dalam iklan ini adalah dimana terdapat pewarnaan yang menggambarkan suasana seakan-akan merasa panas atau terbakar saat memakannya, karena dipengaruhi oleh warna merahnya.
* MOVEMENT
Dalam iklan ini terdapat jenis gerakan graphic movement karena iklan ini hampir sama dengan poster yang tujuannya mencari elemen grafis dari sebuah gambar, misalnya terdapat beberapa efek dari gambar tersebut untuk menggambarkan seni grafisnya.


IKLAN SUSU ZEE
* WARNA
warna yang digunakan daam ini memiliki unsur subjective, didalam iklan ini tentu tujuannya agar memberi semangat untuk para produsennnya, maka harus terkesan sportif tata warnanya, sehingga warna yang digunakan untuk terlihat sportif adalah lebih ke putih.
* FORM
Dalam iklan tersebut terdapat banyak bentuk antara lain circle yang terdapat dari gelas susu, triangle yang terdapat pada lambang susu zee, dan pallegram yang terdapat pada lemari putih didalam iklan tersebut.
* DEPTH
Kedalaman dari iklan ini adalah dari sisi waktu, ukuran produk yanng diiklankan, posisi produk tersebut ketika diiklankan.
* MOVEMENT
Dalam iklan ini terdapat jenis gerakan apparent movement karena iklan ini adalah gerakan yang memperlihatkan objek bergerak di sebuat media massa, yaitu televisi.

1 komentar:

  1. How to Play Casino: Easy Guide to playing slots on
    Casino games are played by www.jtmhub.com 4 players, the average time they https://tricktactoe.com/ take turns is around 토토 사이트 14:20. The house is sol.edu.kg divided into three distinct categories: deccasino the house

    BalasHapus